Pendampingan Gerdu-Taskin

Pulau-pulau kecil di Madura Bisa-bisa Lenyap Selamanya

Pulau-pulau kecil di Kecamatan Sapeken dan Masalembu, Kabupaten Sumenep, tak perlu dikhawatirkan akan tenggelam. Tingginya gelombang pasang air laut yang saat ini merendam sebagian besar wilayah pulau-pulau kecil di dua pulau kecamatan itu, tidak akan terjadi secara permanen.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemprov Jatim Prof Ir Wahyono Hadi MSc PhD, butuh puluhan tahun untuk bisa menenggelamkan pulau-pulau tersebut. Meski begitu, jika kondisi saat ini tak diatasi segera, kemungkinan hilangnya pulau-pulau itu dari peta secara permanen bisa terjadi.

Dijelaskan Wahyono, gelombang pasang naik air laut saat ini diperparah oleh pengaruh pemanasan global (global warming) yang meningkat beberapa tahun terakhir. Global warming yang disebabkan karena peningkatan pemakaian bahan bakar dan pembakaran asap industri itu, telah mengubah komposisi gas di udara. Akibatnya, pola cuaca seperti arah dan kecepatan angina, jadi berubah. Pada akhirnya, gerakan angin menjadi lebih keras di atas lautan sehingga mengakibatkan gelombang pasang naik ke daratan.

Jika fenomena ini baru terjadi di kepulauan Sumenep, menurut Wahyono, itu disebabkan karena tingkat polusi yang meningkat tajam di wilayah tersebut.
Namun, karena ketinggian wilayah Sumenep masih berada d iatas permukaan air laut, maka kemungkinan air akan surut lebih besar. “Beda dengan wilayah Jakarta yang berada di bawah permukaan laut,” kata Wahyono yang juga pakar teknik lingkungan Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Rabu (28/11).

Fenomena ini juga harus diwaspadai oleh wilayah-wilayah lain yang tingkat pemanasannya tinggi seperti Surabaya. Wahyono meminta masyarakat sekitar pantai Surabaya harus cermat menyikapi arah angin dan kecepatan angin. Bukan tidak mungkin, jika terjadi perubahan arah dan kecepatan angin, akan timbul gelombang pasang yang tak kalah dahsyatnya di Surabaya.
Hujan es yang terjadi di sejumlah daerah seperti Malang, Jombang dan Mojokero akhir-akhir ini juga tidak terlepas dari pengaruh global warming

dikutip dari Surya OnLine Thursday, 29 November 2007

About these ads

5 December 2007 - Posted by | Lainnya

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: